CIRI-CIRI ANAK JENIUS

Oleh Mudzakkir Hafidh

Beberapa Ciri Anak Jenius menurut Joseph Renzulli (1986) dalam blog e-psikologi , anak yang jenius itu memiliki ciri-ciri mental sebagai berikut:

  1. Punya kemampuan yang luar biasa (above-average) dalam bentuk kelebihan di bidang tertentu atau di bidang umum
  2. Punya kemampuan yang bagus dalam menangani suatu tugas dengan komitmen dan motivasi yang luar biasa
  3. Punya kreativitas yang luar biasa hebatnya

Selain punya ciri-ciri mental di atas, hasil study Dr. Linda Silverman (1997-2007) dalam blog e-psikologi, direktur Gifted Development Center, Canada, mengungkapkan ciri-ciri lain, seperti  di bawah ini:

  • Punya kemampuan bernalar yang bagus
  • Bisa belajar dengan cepat
  • Punya perbendaharan kata yang luas
  • Punya kemampuan mengingat yang bagus
  • Bisa konsentrasi lama pada hal-hal yang menarik bagi dirinya
  • Sensitif perasaannya dan mudah merasa “tertusuk”
  • Cepat menunjukkan rasa peduli
  • Perfeksionis
  • Intensif
  • Punya kepekaan moral
  • Punya rasa ingin tahu yang tinggi
  • Punya minat yang kuat
  • Punya stamina yang bagus
  • Lebih suka bergaul dengan yang lebih tua / dewasa
  • Punya banyak minat di beberapa hal
  • Lucu dan “gemesin”
  • Suka membaca
  • Perhatian terhadap rasa keadilan dan fairness
  • Bisa mengambil keputusan dengan matang untuk anak yang seusianya
  • Suka mengamati
  • Gemar berimajinasi
  • Punya banyak  akal
  • Cenderung suka mempertanyakan otoritas
  • Punya kecakapan dalam hitung-menghitung
  • Bagus dalam permainan jigsaw puzzles atau yang semisalnya

Bagi kita yang melihat anaknya menampilkan sebagian atau keseluruhan ciri-ciri atas, perlu kita baca sebagai petunjuk untuk mengungkap atau perlu kita syukuri dengan memfasilitasinya, bukan memupuskannya.  Kata Buckminster Fuller, yang paling sering memupuskan kejeniusan anak-anak adalah orang dewasa di sekitarnya. Banyak orangtua yang malah bingung melihat anaknya yang sensitif dengan otoritas, misalnya protes terhadap keadilan atau perlakuan yang fair. Padahal, itu bisa kita baca sebagai petunjuk jangan-jangan kita dikasih rejeki anak yang hebat melebihi kita. Siapa tahu ‘kan? Sebab, jika melihat fakta di lapangan, seringkali anak jenius itu dilahirkan Tuhan dengan sebab-sebab yang sangat tersembunyi. Ada yang lahir dari keluarga gedongan, tapi ada juga yang lahir di rumah kontrakan. Ada yang lahir dari orangtua terdidik, tapi ada yang  tidak. Dan seterusnya dan seterusnya.

Oleh karena itu jika kita mempunyai putra yang mempunyai ciri tersebut diatas, maka yang wajib kita lakukan adalah

  1. Mengarahkan bukan mengatur
  2. Membimbing bukan mendikte
  3. Beri kesempatan berkreatifitas bukan mematikan kreatifitas
  4. Memfasilitasi kebutuhannya bukannya melarang dan menakutinya
  5. Beri kesempatan berbicara bukan membatasinya

itulah kewajiban kita sebagai orang tua atau guru jika memiliki anak/murid yang mempunyai seperti di atas.

Salam sukses orang tua dan guru Indonesia

About these ads

28 Balasan ke CIRI-CIRI ANAK JENIUS

  1. fitri mengatakan:

    saya ingin bertnya apa benar ciri-ciri yang disebutkan diatas …
    karena sebagian besar ciri-ciri diatas saya miliki, cuma saya hidup dalam tekanan dari kecil sampai umur saya sekarang 20 tahum

  2. afif gatra mengatakan:

    saya juga memiliki hampir sebagian besar ciri-ciri di atas….
    saya juga mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi
    dan juga hobi membaca apa saja,dan mempunyai banyak minat,.dan lain lain…
    apakah saya termasuk orang jenius atau biasa saja?

  3. winda mengatakan:

    saya mempunyai anak 1 th 1 bulan,laki laki.anak saya aktif dan cenderung tidak mau diam tp tidak hyperaktif.apakah ada cara atau usaha yang dilakukan sejak dini supaya anak saya menjaji anak yang pintar.

    • ideguru mengatakan:

      Mohon ibu bersabar, biasanya anak laki-laki seusia seperti itu bisanya aktif seperti itu, terus diarahkan ke hal-hal yang positif, jangan sering mengeluarkan kata-kata larangan..namun ibu terus mengawasi…plus beri rangsangan dengan berbagai mainan ….sekiranya tidak berbahaya..jangan dilarang…insya allah putra ibu…menjadi anak yang kreatif..amin

  4. gede upadana mengatakan:

    informasi yang sangat bagus,,,,
    dan sangat berguna bagi saya…. terima kasih….

  5. neryismet mengatakan:

    nama anak saya nayla, skrg umurx 4 tahun. sejak usia 2 tahun nayla sdh bisa membaca dan mendengarkan curhat saya.sejak usia 3 tahun .. nay sering membantu saya mengajari anak” seusiax atau lebih .. membaca dan dikte kalimat.dia jago berhitung … dia ga suka teman dgn orang yg seusiax dan emang dia suka teman yg lebih tua dari dia. saat ini dia udah al-qur’an. usiax 4 tahun. bantu saya mengarahkannya?

    • ideguru mengatakan:

      hebat putra ibu, terus beri motivasi, beri cerita orang-orang sukses, orang sukses gak harus orang yang mempunyai penghargaan tertentu, bisa ibu ambil dari surat kabar atau yang lain misalnya anak usia 7 tahun bisa menulis, si jenius hafal al-qur’an, dokter lulusan termuda di UGM dll. selanjutnya waspadai masa-masa break/penurunan/kebosanan..biasanya…terjadi pada anak di usia kecilnya kurang bermain…..sebaliknya dijejali dengan belajar…dan belajar..biasanya akan mengalami masa ini, karena itu bobot bermain dan berfantasi harus imbang ya bu….kurangi kata-kata larangan…..met sukses bu membimbing putra ibu…semoga menjadi putri yang sholehah.amin

  6. haru mengatakan:

    Saya punya anak 2tahun 7 bulan, dari umur 2 tahun dia sudah lancar bicara dan daya ingatnya bagus sekarang saya ikutkan ke PAUD yang teman2nya lbh tua dr nya tp dia bisa ngikutin malah hafalanya lebih pintar, dia jg saya ajari kosakata bahasa inggris dan dia juga mudah hafal lebih dari 30 kosakata..apa yang harus saya lakukan agar anak ini tetap mempunyai daya ingat bagus makasi saranya…

    • ideguru mengatakan:

      alhamdulillah, bapak mempunyai putra dengan kemampuan seperti itu, yang harus bapak lakukan adalah (1) terus memberi dorongan dan semangat, berilah kata-kata positif saja hindari kata-kata yang negatif. (2) tambahilah permainan edukatif sebagai sarana eksplorasi anak, misalnya film anak, puzzle, kartu gambar, permainan bongkar pasang, kartu kata dll. (3) sering-seringlah diajak diskusi ringan..cerita yang ia lakukan sehari….misalnya sebelum tidur bapak tanya tentang aktivitas sehari ketika bapak kerja dll. selamat mencoba pak

  7. roihan mengatakan:

    sy mmepunyai anak laki-laki skrg umur 3th 7bln, dia menurut sy memp. kemampuan di atas rata2, mulai umur 2 th sdh hafal huruf abjad ( a-z ), hijaiyah, logika yg baik dll. , tapi cenderung temperamen,suka usil, sengaja membuat masalah dsb dan pasti tiap hari mamahnya ngomel-ngomel. dulu tidak pernah pernah tk kasih kegiatan play group, tapi akhirnya gak mau sekolah. yg saya tanyakan apakah anak laki-laki lebih sulit utk bersikap dewasa dan bagaimana cara mengaturnya ?

  8. Mifta mengatakan:

    anak saya laki2, umur 4th, dia sdh lancar membaca entah itu bhs indonesia atau bhs inggris…mslh menghafal dia tuh cpt bgt nangkapnya…berhitung jg sdh bs, dr mulai bs bicara dia senang bljr huruf2, angka dan logo2. tapi kl masalah sosial dia tuh ga segitu minat bermain dgn anak seusianya…dia sangat menyukai dunia org dewasa…bahkan dia smpai hafal kata2 yg diucapkan oleh pak tung desem waringin krn tiap mau tidur sy selalu puterin lagu2 motivasi, ngaji surat2 pendek juz amma, termasuk audiobook dr pak tung…yg saya takutkan masalah sosialnya. apa emng anak spt itu ga bs bergaul dgn anak seusianya…mohon penjelasannya pak..

    • ideguru mengatakan:

      alhamdulillah, ibu harus bersyukur mempunyai putra seperti itu, beberapa anak seusia sperti putra ibu, memang ada yang gak suka gaul dengan temannya, lebih enakan main sendiri, andaikata main dengan teman….ia maunya jadi yang terdepan…gak mau kalah…
      Tapi ibu gak usah kuatir, anak seusia itu masih belajar kehidupan, ibulah yang mempunyai tanggung jawab untuk mengarahkan agar ia peka dengan lingkungannya..dengan cara…belajar berbagi…dengan teman….mengundang temannya ke rumah jika liburan….dll. sesekali kita ajak berkunjung ke panti asuhan…intinya..pembimbingan dan contoh dari orang tua…selamat mencoba…

  9. Hendra mengatakan:

    pa kah dri smua cri di ats tdag ad yg lain ea . . .

    truz bgaimna dgn org yg mlaz dalm bljar tpi pngthuan,a luar bysa . . .
    tlong d jlasin ea . . .

  10. misbah mengatakan:

    saya mau tanya anak saya berumur 3 th,kebetulan saya mempunyai usaha warnet.anak saya itu gak tau bisa dari mana gak pernah saya ajari tapi dia sudah bisa buka-buka aplikasi di dalam komputer.Apalagi pas ketemu game dia gak mau lepas dari komputer nya.Yang menjdi keluhan saya,waktu tak ajak belajar mengenal abjad,dan sejenisnya dianya gak mau ada aja alasan yang di berikan misal:ngantuklah,mau pipislah,laper pokoknya ada aja malah katanya enak main aja bu….aku suka.
    Mohon penjelasan bagaimana cara mengarahkan anak saya

  11. enny mengatakan:

    anak saya saat ini berumur 6,5 duduk di kelas 1 SD, dia merupakan anak yang aktif gak mau diam, pada saat pelajaran di kelas masih terus berjalan kesana-kemari, sejauh ini dalam mengikuti pelajaran tidak ada masalah kata gurunya.
    Perkembangan pertumbuhannya pada umur lima bulan sudah dapat berdiri, umur 2,5 tahun sudah dapat mengenal huruf yang diajarkan melalui pazzle huruf dalam waktu kurang dari 1 bulan, umur 3 tahun bisa membaca dan 3,5 dapat menulis.
    Yang ingin saya tanyakan bagaimana menggali potensi anak saya, mengingat anak tersebut kurang konsentrasi dan bagaimana mengarahkannya sesuai dengan kemauan dan kemampuannya

    • ideguru mengatakan:

      (untuk pak Misbah dan Bu Enny) Bersyukur ya punya putra yang aktif, bapak/ibu gak usah bingung, ada sebagian anak yang duduk di kelas 1 yang masih suka jalan-jalan..itu hal yang wajar…begitu juga putra pak Misabah yang suka game dari pada belajar…inilah Indonesia..memang anak seusia itu masih senang bermain, ..tapi karena kita hidup di Indonesia yang budayanya seperti sekarang..kelas 1 harus bisa ini dan itu…maka bagaimanapun kita harus menyesuaikan..pelan-pelan Bu eny sebelum berangkat…putra ibu layani segala kebutuhannya..sebelum berangkat tunjukkan kasih sayang dengan pelukan ,ciuman dan lainnya…selanjutnya usaplah kepalanya sambil berdoa kepada tuhan YME sambil sampaikan pesan/harapan kepada anak misalnya “nak di sekolah yang pinter ya…” nak di sekolah menurut sama bapak/ibu guru ya” dan lain-lain jangan sekali-kali negatif misalnya; “nak.di sekolah jangan nakal ya..” di sekolah jangan usil sama teman ya” dll. nah sepulang sekolah ketika makan malam atau cari waktu yang baik misalkan sepulang kerja mintailah cerita putra ibu di sekolah..misalnya bagaimana nak tadi di sekolah? tadi tertib di sekolah, kan? dan lain-lain….apapun yang diceritakan anak beri tanggapan yang positif..sesekali arahkan jika ia bercerita tadi habis olok-olokan dengan teman. berikan arahan positif…nah terakhir sesekali sampaiakn harapan ibu kepada putra ibu….sampaikan saja terus terang keinginan ibu tentu sesuai usia anak. misalnya”nak..mama pingin adik jadi anak yang sholeh…sama mama/papa menurut..sama bapak/ibu guru hormat..sama teman-temanmu suka membantu, nak kalau kamu berbuat baik maka kamu dapat pahala dan mama juga dapat pahala….bla..bla…..) untuk Pak Misbah gamenya arahkan game yang mendidik, misalnya di selingi dengan game main angka, main huruf, puzzle dan lain-lain….thats great….o..ya…do’a orang tua adalah harapan terakhir.

  12. edy suhatman mengatakan:

    saya mempunyai anak usia 6 th,dari usia 3 th anak saya sudah bisa membaca dan usia 4 th anak saya sudah bisa menulis,sekarang anak saya sekolah di SD kls I.,namun yang saya heran anak saya itu hanya antusias dgn pelajaran bahasa inggris,untuk pelajaran lain ia hanya sebatas ingin tahu,dan di usia nya anak saya telah mampu menghapal hampir 3000 kosa kata bahasa inggris,yang mau saya tanyakan bagaimana sebaiknya mengarahkan anak saya

    • ideguru mengatakan:

      Selamat pak edy, bapak harus bersyukur…teruskan kemampuan bahasa inggris anak bapak dengan mengikutkan kursus bahasa inggris…saya yakin akan berkembang…TAPI INGAT..jangan sekali-kali dipaksa…saya yakin dengan tekun bahasa inggris ditambah support dari bapak dan keluarga akan menarik untuk pelajaran yang lain seiring dengan perkembangan usia dan pengaruh kegiatan di sekolah di kelas2 selanjutnya…terus support and support…..good lucky (salam hangat dari pert West Aussi)

  13. nuan0606 mengatakan:

    anak saya umur 4 bulan dah duduk..umur 6 bl dah berdiri sendiri..umur 9 bulan dah jalan..sekarang umur 10 bl dah niruin macam2 gaya kakaknya..seperti naek2 tangga rumah, naek jendela, jungkir balik, jinjit2…kemaren tanpa ada yang ngajari di ambil perlengkapan dapur seperti susruk sama panci dan di pukul2…itu dilakukan dengan kedua tangan, tidak di taruh di lantai..terus dia njumput sesuatu walaupun kecil atau seutas benang dia bisa dengan 2 jari…apakah anak saya termasuk anak cerdas atau jenius .. apa perlu saya teskan IQ dan ESQ..

    • ideguru mengatakan:

      Selamat pak, anak bapak mempunyai kelebihan di banding perkembangan anak-anak lain seusianya, sekarang bapak tinggal menfasilitasi saja, beri dorongan dan rangsangan dengan alat permainan pendidikan yang sekarang banyak di jual, sering di ajak komunikasi meski si dia belum bisa berbicara dengan jelas, sering di ajak bermain bersama terutama untuk pengembangan motorik kasar misalnya menangkap bola, menendang bola dan lain-lain, jangan sering menggunakan kata-kata larangan cukup di awasai saja sekiranya tidak membahayakan biarkan saja, tentang tes IQ saran saya lebih baik menunggu anak sekolah minimal di play group sambil menunggu perkembangan fisik dan perkembangan kemampuan yang lain.oke selamat pak…semoga putranya bermanfaat untuk sesama, amin

  14. awim mengatakan:

    smoga aq bisa jadi anak yg jenius amin ya robbal alamin………

  15. Herjan Partin mengatakan:

    Aku banget di atas

    tapi aku bego tu, juara kelas ja 38 dr 40…
    hahahahaha

    q hampir semua seni punya bakat, ketertarikan gk cm sebulan, bisa seminggu ganti”, ruang angkasa, dinosaurus, arkeolog, biologi, dll

    sy gak suka dg pendapat’ para ahli bila harus diisikan dlm test pelajaran, sy suka dg pendapatku sendiri

    org q punya pendapat sendiri mengapa hrs mereka ?
    iya gak…
    makanya suka disalahin sm guru,….

    aku jrg perhatikan pelajaran, makanya nilai jelek org kerjakan sembarangan…
    tp q suka presentasi menerangkan biar dapat nilai bagus

    tp Alhamdulillah sy LULUS dan sekolah sy mendapat peringkat 2 sejateng untuk SMK untuk kelulusan tahun ini

    terima kasih malah curcol

  16. Herjan Partin mengatakan:

    Sekali lagi ya

    Guru tu aneh

    kalau pas test blg gini :
    “anak-anak, kerjakan sendiri, jgn nyontek. Apapun hasilnya itu kemampuanmu, untuk mengukur.

    nanti klw ada muridnya yg nilainya jelek :
    “ini gimana ? kok bisa kaya gini, yg lain aja gak”

    capek deh..
    sudah jujur malah digituin, padahal yg lain pd nyontek,
    pengalamanku sendiri..

    q di panggil ke BK

    pernah di lembar jawab bawah q tulis :
    “guwe gak peduli nilai guwe brp, yg ptg guwe jujur”

    akhirnya sy remidi dan guru blg :
    “akhirnya lo remidi juga”

    dan ada lagi seorang temenku yg di anggap pintar padahal menurutku biasa cm dy rajin, nah kebetulan tes jejer, nilai sy bagus trs temenku yg dipandang pinter tu nyontek q jd sama..

    yg dikira nyontek sy, nasib”

    sy dapat nilai 100 MTK gak di percaya, dan akhirnya percaya dan sy sm guru MTK kasih tahu goreng

    tu masukan buat guru agar lbh memperhatikan muridnya, murid” yg sk guyon itu dan cerdik becanda malah cerdas lho…

    • ideguru mengatakan:

      yang bagus itu jujur tapi nilainya bagus he..he..biar gurunya gak kecewa…and becanda dan gurau boleh tapi ada tempatnya…biar gurunya gak salah kira….tapi mantep ceritanya…mbak…terus berprestasi ya

  17. Meliani Rosanty mengatakan:

    saya ingin bercerita mengenai masa lalu saya sejak berumur 4 hingga berumur 5 tahun, pada saat umur saya 4 tahun. saya dapat menulis , dan pada saat umur 5 tahun saya sudah dapat menggambar anime2 hasil dari imajinasi saya sendiri. tanpa diberikan pengajaran oleh orang tua saya. kebetulan orang tua saya tidak dapat menggambar seperti saya. pada saat umur saya menginjak 6 tahun saya dapat membuat cerita dalam sebuah buku dengan gambar yang telah saya buat sendiri. saya dapat mengingatnya dengan jelas. saya membuat cerita mengenai kerajaan2 kuno masa lalu, dan hal hal yang berbau fantastis seperti sihir. saya sangat suka berdiam diri di kamar menutup pintu dan jarang berinteraksi dengan orang tua saya sendiri. sekarang umur saya 13 tahun menginjak 14 tahun ^^

    • ideguru mengatakan:

      Beryukurlah mbak meliani atas kemampuan kamu mulai kecil bahkan tanpa bimbingan orang tua, nah..ini permasalahannya pada beberapa anak yang mempunyai kecerdasan lebih biasanya tidak diimbangi dengan kecerdasan sosial, sehingga lebih banyak menyendiri daripada bergaul dan berinteraksi dengan yang lain termasuk dengan orang tua. saran saya mbak…mari diimbangi kecerdasan mbak Meliani dengan belajar berbagi suka, berbagi cerita dengan yang lain dan pastinya dengan orang tua, alangkah indahnya hidup ini dipenuhi dengan komunikasi yang aktif saling berdiskui dan bercengkerama dengan orang tua dan sesama, selamat mencoba….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: