BETUL-BETUL MALU PAGI INI

(ARTIKEL KE-2)

Pagi ini, Rabu, 9 Februari 2011, ketika membaca Jawa Pos, saya betul-betul malu dengan kejadian pembakaran rumah ibadah agama tertentu. saya malu sebagai guru…berarti ada kegagalan..transfer knowlidge. transfer nilai…transfer budi pekerti dari seorang yang bernama guru kepada..muridnya.

Guru bertugas membimbing anak didiknya berprilaku yang mulia sebagaimana sosok manusia yang berpengetahuan (ulul albab), manusia yang beradab (adib) bukan sebaliknya menjadi manusia yang berperangai tercela (madhmumah) yang mudah terprofokasi atau teradu domba (jahlun). Nah jika setelah melewati proses pendidikan, seorang murid kelak dewasanya tidak ada perubahan perangai/akhlaq maka patut dipertanyakan proses transfer atau mutan transfer dari guru tersebut. apakah transfernya benar? muatannya salah? atau sebaliknya transfernya salah, muatannya benar atau yang paling parah transfer dan muatannya salah?

Saya pikir saya tidak harus menjelaskan makna dari proses transfer dan muatan transfer tersebut. kalau proses transfer berhubungan dengan 4 kompetensi sesuai UU No 14 tahun 2005, kompetensi pedagogis,  profesional,  kepribadian, dan sosial. Sedang muatan proses berhubungan dengan materi yang diajarkan, kalau siswa di ajari mengebom, maka jadilah pengebom bahkan lebih canggih dari gurunya, kalau siswa dibimbing berakhlaq yang mulia maka jadilah ia mempunyai kesopanan.

Nah pertanyaannya. sudahkah kita ajari anak didik kita dengan nilai-nilai kesopanan, toleransi, saling menghormati dan menghargai, kebersamaan dalam perbedaan, hidup rukun, dan lainnya. Atau sebaliknya apakah kita tidak sadar mengajari atau memberi contoh anak didik kita untuk menjadi nomer 1, fanatisme golongan, menganggap kita yang terbesar dan paling benar.

Saya hanya bisa berdo’a, semoga anak-anak kita terhindar dari bertemu guru yang mempunyai proses dan muatan yang menurutnya paling benar dan menganggap yang lain salah, yang mengajari kebencian kepada sesama dan menganggap dirinya paling benar.

Bravo Indonesia,

Mudzakkir Hafidh

INFO : DAPATKAN INFO BISNIS MURAH MODAL 1O RIBU, SANGAT COCOK BAGI ANDA YANG SERING ONLINE, KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: