SURABAYA VS SINGAPURA DALAM HAL PENGHIJAUAN DI PINGGIR JALAN RAYA

Oleh Mudzakkir Hafidh

(Tulisan 1, Study wisata di Singapura)

Membahas keasrian serta penghijauan di Surabaya memang tidak ada habisnya, kita sebagai warga Surabaya patut berbangga dengan banyaknya taman kota serta pepohonan yang kian hari semakin asri, meski Kota Surabaya terletak di tepi laut jawa namun dengan banyaknya tumbuhan dan aneka bunga tak terasa panasnya.

Nah, sekarang tidak ada salahnya kita membahas kemajuan taman kota di Kota Surabaya yang semakin hari kian asri ini dengan Kota Singapura, yang mana alhamdulillah penulis pernah berkunjung selama 6 hari untuk mengikuti study banding bersama teman-teman mahasiswa pasca sarjana UNESA Surabaya.

Penghijauan di pinggir jalan raya

Kota Singapura ? he..he..jangan ditanya sepanjang mata memandang selama 6 hari jalan-jalan dari utara ke selatan atau barat ke timur, saya lihat  seluruh jalan raya di kota tersebut di kanan kirinya penuh dengan aneka bunga dan pepohonan yang terawat rapi, sebagian bahkan sampai menutupi jalannya. hampir menyerupai hutan kecil di tengah kota. asri…sejuk…sebagian besar pohonnya sudah besar artinya sudah lama menanamnya, bahkan kata Tour guide kami, pohon-pohon itu dulu khusus didatangkan dari benua Afrika, yang memang mempunyai kelebihan dari pohon pelindung lain yaitu tidak gampang tumbang dan daunnya rindang. Bagaimana jika ada yang sengaja menebang ? wouh…jangan tanya hukumannya berat dan memang itu tidak mungkin dilakukan oleh penduduk Singapura yang taat hukum dan sadar akan kelestarian alam semesta.

Penghijauan di pinggir jalan raya kota Singapura

gambar 2 gambar3

Bagaimana kota Surabaya? alhamdulillah, sejak 10 tahun terakhir saat pak Bambang DH menjadi Walikota dan Bu Risma menjadi Kadis pertamanan kota. Surabaya terus berbenah untuk terus menambah lahan hijau. awalnya dilaksanakan di jalan-jalan protokoler seperti jalan Ah. Yani dan Darmo sekarang alhamdulillah penghijaun di Surabaya bisa kita jumpai dari ujung utara (Perak) ke Selatan (bundaran waru) dan dari barat (Benowo) sampai ke timur (Kenjeran) hampir di kanan kiri jalan ditanam berbagai pepohonan dan bunga. meski belum bisa menyamai keindahan dan kebersihan kota Singapura. Tapi saya yakin jika pemerintah kota Surabaya tiada henti untuk terus bersemangat memperbanyak penghijauan serta diimbangi dengan kesadaran warganya dalam membantu merawat dan menjaga  pepohonan yang sudah ditanam oleh pemerintah, maka tidak mustahil Surabaya akan bisa menyamai keindahan dan kebersihan kota Singapura dan itu bukan mustahil. Bahkan kalau saya lihat jika dibandingkan dengan kota Jakarta bahkan kota Bogor penghijauan di pinggir jalan raya Surabaya lebih tertata dan terprogram, meski ini penilaian subyektif saya, kebetulan pada tahun 2012 dan 2013 kemarin, saya ikut seminar guru beberapa kali di Jakarta dan di Bogor, karena itu sebagai warga Surabaya sudah sepatutnya untuk mendukung pemerintah dengan menjaga dan merawat segala macam tanaman dan pepohonan yang ada di kota ini. saya yakin 5 tahun lagi hidup di Surabaya semakin nyaman dan sejuk dengan ketersediaan O2 yang berlimpah sebagaimana di Kota Singapura.amin

Penghijauan di Jalan Raya Darmo, Polisi Istimewa  dan Manyar Surabaya

darmo darmo2 darmo3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: