Kehadiran Polisi dalam UN Timbulkan ‘Horor’

Kehadiran Polisi dalam UN Timbulkan ‘Horor’

Iman Firdaus – Jurnalparlemen.com

Senayan – Kehadiran aparat kepolisian di sekolah untuk menjaga pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dinilai anggota Komisi X dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD) Theresia Pardede bisa membuat mental peserta UN jatuh.

“Itu kan jadi horor buat anak-anak,” kata Theresia kepada Jurnalparlemen.com, Senin (15/3). Namun, perempuan yang akrab disapa Tere ini juga mengaku tidak bisa berbuat banyak, sebab itu menjadi domain eksekutif, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional.

Agar tidak menimbulkan kesan seperti pesakitan kepada peserta, Tere meminta agar polisi hanya mengawal berkas ujian dari percetakan ke sekolah. “Kalau pun ada yang mengawasi dari luar sekolah, harusnya dewan pendidikan,” lanjutnya.

Untuk mempersiapkan mental anak didik, dibantu seorang psikolog, Tere sedang mempersiapkan pelatihan mental bagi anak-anak peserta UN di Kabupaten Bandung, daerah pemilihannya. “Ada 50 anak didik dari 50 sekolah yang kita bantu agar siap dalam melaksanakan UN,” katanya. Salah satu yang akan diajarkan adalah tips-tips menghadapi UN, tujuannya agar peserta rileks, tidak tegang.

Sebab, persoalan mental dalam pelaksanan UN, yang akan dilaksanakan pada 22 Maret mendatang, sangat penting. Selama ini, yang ditekankan adalah soal kognitif, sementara persoalan mental kurang mendapat perhatian. Tere melihat banyak peserta UN yang secara kognitif pintar dan bisa menyelesaikan soal, justru tidak lulus karena diberi jawaban lain. “Padahal dia (murid) tahu jawaban yang benar. Tapi karena kurang percaya diri, jadilah dia ikuti jawaban yang diberikan,” katanya.

Tapi yang paling menyedihkan lagi, banyak anak-anak yang lulus UN oleh pejabat daerah setempat dijadikan standar untuk bargaining anggaran. “Ini miris sekali,” ujarnya. (imf/zik)

Sumber : Jurnalparlemen.com. Senin, 15/03/2010 | 15:05

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: