Beasiswa dari Jepang bagi lulusan SMA

JAKARTA – Kabar gembira untuk para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Pemerintah Jepang menggelar beasiswa bagi lulusan SMA pada 2011 nanti.

Kedutaan Besar Jepang menawarkan beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada pelajar Indonesia lulusan SMA. Beasiswa tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S1), College of Technology (D3), atau Professional Trainning College (D2) di Jepang. Pelamar hanya bisa mendaftar satu program saja.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengambilan formulir bagi para pelamar adalah lahir antara tanggal 2 April 1989 dan tanggal 1 April 1994, nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas tiga semester akhir minimal 8,4 untuk program S1, 8,0 untuk program D2 dan D3. Jika pada saat penutupan 31 Maret 2011 nilai ijazah asli belum bisa keluar maka bisa diganti dengan ijazah sementara dari kepala sekolah.

Formulir pendaftaran tersebut sudah dapat diambil di kantor kedutaan Jepang bagian pendidikan. Formulir tersebut dapat diambil tanpa dipungut biaya. Selain di Jakarta, formulir juga disediakan di Konsultan Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar.

Sedangkan untuk pelajar yang tinggal diluar daerah Jabodetabek, Surabaya, Makassar, dan Medan dapat mengirimkan persyaratan tersebut diatas melalui pengiriman surat. Surat tersebut ditujukan kepada Kedutaan Besar Jepanhg Jalan MH Thamrin 24 Jakarta Pusat.

Formulir harus dikembalikan ke Kedutaan Besar Jepang lengkap dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah sebelum tanggal 10 Juni 2010.

Sumber : http://www.republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: