SEKOLAH GLOBE NASIONAL PLUS

SERI STUDY BANDING (1)

Oleh: Mudzakkir Hafidh

MENGAPA KITA HARUS STUDY BANDING, LIHAT SAJA DI WEBSITE INI. KITA AMBIL YANG BAGUS..THEN KITA ADAPTASI KE SEKOLAH KITA MASING-MASING. SHIP..P

———————————————————————————————————————–

SEKOLAH GLOBE NASIONAL PLUS

Satu lagi sekolah bertaraf internasional hadir di Kota Batam. Yakni Sekolah Globe National Plus di Jalan Sriwijaya nomor 18 Pelita Batam, belakang Plasa Telkom. Apa saja keunggulan sekolah ini? ”Yang pasti, kami menawarkan konsep belajar yang beda”. Itulah kalimat yang meluncur dari bibir Joni Ahmad, manajer operasional dan pelayanan dari Sekolah Globe dalam perbincangan kepada http://www.batamevent.com, rabu (24/03/2010).


Konsep belajar yang beda yang ditawarkan tersebut, tak hanya dari sisi kurikulum yang memadukan kurikulum nasional dan internasional, juga dalam hal bahasa pengantar yang juga mewajibkan menggunakan bahasa Inggris pada siswanya, selain bahasa Indonesia. Tentunya, gurunya juga ada dari luar negeri dan dari dalam negeri. “Tak hanya itu, untuk menjaga kualitas pendidikan, sekolah ini menggandeng konsultan pendidikan dari Jerman. Konsultan ini akan memberikan masukan-masukan agar mutu pendidikan di sekolah ini tetap terjaga dan bisa bersaing tak hanya dengan sekolah yang ada di Indonesia, tapi juga sekolah lainnya di luar negeri,” ungkap Joni Ahmad.

Lalu bagaimana dengan fasilitas? Soal yang satu ini, tak perlu diragukan. Sekolah ini memiliki fasilitas yang serba wah, untuk memanjakan sekaligus menjadikan siswanya lebih berprestasi dalam berbagai bidang yang mereka sukai. Ruang kelas misalnya, interiornya sengaja dibuat senyaman mungkin dengan pemilihan warna dan desain yang bisa membuat siswa betah dan nyaman belajar. Ruangan juga dilengkapi pendingin (AC). Masing-masing ruangan juga dilengkapi LCD proyektor yang terhubung dengan komputer. Dengan begitu, siswa bisa menyimak materi yang diajarkan dalam bentuk visual, video plus audio.

“Sekolah ini juga dilengkapi laboratorium komputer yang canggih. Semuanya terhubung dengan fasilitas internet yang memungkinkan siswanya mengakses berbagai informasi yang mendukung kemajuan siswa. Tentunya di bawah bimbingan instruktur atau tenaga ahli. Selain itu, perpustakaannya juga didesain senyaman mungkin. Selain dilengkapi pendingin ruangan, penataan buku juga mengadopsi perpustakaan terkenal di berbagai sekolah bergengsi di dunia. Buku-buku yang disediakan juga lengkap dan up to date,” papar Joni.

Sekolah yang berdiri di atas lahan empat hektare ini, juga dilengkapi ruang workshop berteknologi terkini. Di ruangan ini bisa digunakan untuk diskusi maupun menggelar seminar atau workshop. Ada juga mini bank (BNI 46), VIP room ber AC, dan hotspot (WiFi). Supaya siswa bisa menyalurkan bakatnya sekaligus belajar hidup sehat, sekolah ini dilengkapi kolam renang, lapangan futsal, jogging track, mini garden, kebun binatang mini, area outbound, dan klinik.  Sedangkan untuk urusan keamanan, sekolah ini dilengkapi CCTv dan tenaga pengamanan (sekuriti) yang lengkap. ”Masih banyak fasilitas lainnya yang kita tawarkan,” ujar Joni.

Tak kalah menariknya, untuk membuat siswa sekolah ini lebih kreatif, sekolah ini menghadirkan banyak pilihan kegiatan ekstrakurikuler. Antara lain, kepramukaan, basket, futsal, tenis meja, renang, balet, tari tradisional, piano, gitar, drum, dan biola. Bagi siswa yang ingin mendalami bahasa Jepang dan Jerman, sekolah ini menyediakan ahlinya. ”Sekolah ini kami buat sesuai dengan standar Internasional untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang handal,” ungkap Joni, lagi. Agar proses belajar mengajar lebih fokus, tiap-tiap kelas hanya diisi maksimal 20 siswa dengan tiga lokal untuk tiap tingkat.

”Respon masyarakat sangat luar biasa, hingga kini sudah tercatat lebih dari 160 siswa,” tambah Joni. Bagi para siswa yang kurang bisa mengikuiti pelajaran, setiap Sabtu akan diadakan evaluasi dan belajar kelompok yang wajib diikuti semua siswa. ”Dengan cara ini kami berharap siswa yang berprestasi akan membantu mereka yang tertinggal,” tambah Joni. Menurut Joni, para siswa tersebut bukan hanya dari Batam saja melainkan dari seluruh Kepri. (www.batamevent.com)

————————————————————————————————————————

Profil Sekolah :

Latar belakang
Sekolah Dasar Globe National Plus  berada di pusat kota Batam, yakni di jalan Sriwijaya No. 18 Pelita – Kota Batam.
Sekolah ini didirikan  November 2009.

Misi – Visi SD Globe :

Visi : Membentuk dan menyiapkan peserta didik yang tangguh, mandiri, santun dan berakhlak mulia serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan sejak dini dalam menyongsong era globalisasi.

Misi :

  1. Menyiapkan peserta didik yang berakhlak mulia, tangguh dan mandiri     sejak kecil.
  2. Menyiapkan peserta didik yang memiliki pengetahuan, kesopanan, ketrampilan ke jenjang yang lebih tinggi untuk menyongsong masa depan.
  3. Menggunakan bahasa Inggris secara aktif dalam proses pembelajaran mulai dari mata pelajaran olah raga, IPA dan matematika.

Fasilitas sekolah :

SD Globe National Plus dilengkapi dengan sarana/prasarana antara lain :

  • Kolam renang
  • Perpustakaan
  • Laboratorium komputer
  • Laboratorium music
  • Laboratorium bahasa
  • Laboratorium  IPA
  • Ruang kelas yang nyaman
  • Seluruh kelas menggunakan in focus
  • Area bermain yang luas
  • Area berkebun dan lingkungan hidup
  • Lapangan olah raga/upacara
  • Area tunggu VIP bagi orang tua murid
  • Area kantin yang nyaman
  • Hot spot di seluruh ruang kelas
  • Ruang ibadah
  • Toilet putra/putri

Kurikulum SD Globe National Plus

Pendidikan di  Sekolah Dasar Globe adalah membentuk anak didik :

  1. Memiliki iman dan takwa kepad Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
  2. Memiliki kesadaran dan wawasan akan status, hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan kualitas dirinya sebagai manuasia.
  3. Mengenal, menyikapi dan mengapresiaisi ilmu pengetahuan serta teknologi.
  4. Memiliki kebiasaan berpikir dan berpikir ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.

———————————————————————————————————————–

kurikulum sekolah

Dalam pelaksanaan kurikulum, maka pendidikan di SD Globe menerapkan prinsip – prinsip antara lain :
a.    Setiap peserta didik harus mendaptkan pelayanan pendidikan yang berkualitas, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
b.    Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan lima pilar belajar, yaitu:
(1)    Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
(2)    Belajar untuk memahami dan menghayati
(3)    Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
(4)    Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan kesosialan, serta moral
(5)    Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
c.    Suasana hubungan antara peserta didik dan pendidik yang saling menghargai, akrab dan hangat serta terbuka.
d.    Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multi strategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memdai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, contoh dan teladan.
e.    Kurikulum meliputi seluruh komponen kompentensi mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri diselengarakn dalam keseimbangan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.

Kurikulum SD Globe National Plus memuat sbb :

10 Mata pelajaran, meliputi ;

  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Ketrampilan
  9. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Proses Pembelajaran di SD Globe  menggunakan Model Bilingual Class yang pada prinsipnya merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diperkaya dengan Kurikulum Internasional, dimana secara bertahap penggunaan model bilingual ini dimulai pada pelajaran Matematika, IPA  dan  Olah Raga.  Adapun buku Paket Nasional bukan satu satunya sumber belajar siswa, tetapi siswa juga memiliki text book tambahan dari buku berstandar internasional.

Muatan local :

  1. Bahasa Mandarin
  2. Komputer

Pengembangan Diri/ Kegiatan Ekstrakurikuler :

  1. Renang
  2. Balet
  3. Futsal
  4. Musik
  5. Bahasa Jepang
  6. Bahasa Jerman
  7. Pramuka.

3 Balasan ke SEKOLAH GLOBE NASIONAL PLUS

  1. satya sembiring mengatakan:

    butuh guru untuk pelajaran TIK?
    saya sudah rindu dengan batam kembali

  2. Dinarta Tarigan mengatakan:

    Kalau guru bahasa jerman dibutuhkan ga ya?

  3. frans mengatakan:

    apakh msih membtuhkan gru agama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: