ANAK SUPERAKTIF DAN ANAK HIPERAKTIF

Oleh

Mudzakkir Hafidh

Selamat siang pembaca.

Kali ini saya ingin sedikit menjelaskan perbedaan anak superaktif dan anak hiperaktif. karena kadang kita seringkali melihat anak yang tidak bisa duduk atau suka jalan-jalan dalam kelas langsung kita sebut anak hiperaktif, padahal belum tentu lho, dan hal itu perlu kajian dari psikolog sebelum guru, dan orang tua memberi gelar anak hiperaktif.

Nah, begini, anak superaktif itu adalah anak yang aktif bergerak dan beraktifitas baik di kelas atau di rumah, namun ia masih bisa duduk tenang dan  mengontrol dirinya walaupun hanya 5 menit, kadang ia menjahili teman karena ia memang cepat bosan dalam belajar, begitu juga ia sering corat-coret tembok karena ia tidak menemukan buku gambar. namun anak ini masih bisa mendengarkan perintah dari guru atau dari orang tua.

Sedang anak Hiperaktif adalah anak yang aktif bergerak dan tidak ada kemampuan untuk memusatkan perhatian atau konsentrasi, pergerakan anak tersebut juga tidak bisa diarahkan cenderung semaunya sendiri. seringkali ia bertindak atau melakukan sesuatu tanpa berfikir. seringkali juga ia berjalan atau berputar-putar tanpa alasan yang jelas, kadang ia membuang-buang barang yang ia lihat tanpa ia sadari, ia terus berlarian, bergerak tanpa kenal lelah, ia juga tidak mempunyai ketahanan yang lama ketika duduk kosentrasi di kelas bahkan di bawah 5 menit, ia gampang berpindah-pindah tugas ke teman lain padahal tugasnya sendiri belum ia selesaikan. ia juga kadang suka membahayakan orang lain tanpa rasa takut, misalnya memukul teman dll.

Jadi jelas ya pembaca antara anak superaktif dan anak hiperaktif, guru dan orang tua harus mengetahui ini. sehingga bisa membedakan perlakuan terhadap model kedua anak tersebut. khusus anak hiperaktif butuh ketelatenan dari Bapak/Ibu orang tua serta guru dalam membimbing. banyak kasus anak hiperaktif dengan kesabaran orang tua dan guru bisa tumbuh normal sebagaimana anak yang lain dengan syarat orang tua, guru dan psikolog harus bergandeng tangan. jadi jangan kuatirkan anak tersebut….

*Disarikan dari berbagai sumber bacaan yang saya baca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: