TIGA TANTANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh

Mudzakkir Hafidh

Ada tiga tantangan pendidikan di Indonesia  khususnya pendidikan agama menurut Prof DR. Noor Syam. Sekjen Kementerian Agama RI  dalam acara pembukaan workshop PAI Unggulan yang diadakan oleh Direktorat PAIS Kemenag RI hari Senin, 12 Mei 2013 di Hotel New Ayuda.

1. Kualitas Pendidikan masih diragukan

Belum meratanya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi tantangan terbesar bagi pembangunan SDM bangsa Indonesia, dalam beberapa survey rating mutu dan kualitas pendidikan bangsa ini masih belum membanggakan, mari kita lihat rangking  PISA (Program for International Student assesment) yang dikeluarkan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation adn Development) pada tahun 2012 yang mengukur kemampuan anak Indonesia usia 15 tahun di bidang mathematic, sains dan kemampuan reading, menurut OECD, Indonesia berada di rangking 64 dari 65 negara anggota OECD, Indonesia hanya lebih baik dari Peru di urutan 65. adapun rangking terbaik 1- 3 di rebut oleh China, Singapura dan Taiwan ( sumber Kompas, 05 Desember 2013)

2. Kualitas lulusan yang masih diragukan

Lulusan yang berkualitas diperoleh dari lembaga yang bermutu dan punya standar kualitas terbaik pula, jangan harap lembaga pendidikan yang biasa-biasa saja dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, sayangnya di Indonesia ini, penyelenggaraan lembaga pendidikan dari mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi banyak dilaksanakan secara asal-asalan dan tidak terstandar sesuai aturan. kalau kita lihat PP. No 32 tahun 2013 tentang standar Pendidikan Di Indonesia, ada 8 standar nasional pendidikan yang harus dipenuhi oleh sebuah lembaga pendidikan, diantaranya standar proses, standar isi, standar lulusan, standar evaluasi, standar sarana prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan dan standar pendidik dan tenaga kependidikan.

Yang menjadi pertanyaan, berapa prosen sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia yang sesuai standar ?  karena masih banyak yang belum sesuai standar penilaian akreditasi A ( baik ) maka kualitas lulusan juga masih di ragukan. kalau kita lihat hasil  data Education for All (EFA) yang dikeluarkan oleh UNESCO pada tahun 2011. Rangking indonesia pada tahun 2011 merosot dari rangking  65 pada tahun 2010 menjadi rangking 69 dari 127 negara di dunia, kita masih di bawah Brunei rangking 34 dan Malasyia rangking 65.

3.  Kualitas Pendidikan Akhlaq atau budi pekerti masih belum berhasil

Indonesia merupakan negara yang berdasarkan pancasila dan menjunjung tinggi nilai agama dan norma hukum. Pendidikan agama dimulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi, ditambah lagi berbagai siaran siraman ruhani di seluruh TV di Indonesia, namun pembangunan moral masih belum bisa dikatakan baik. Korupsi masih banyak dan bahkan terus tumbuh. rangking korupsi di Indonesia juga masih belum baik, pada tahun 2013 Indonesia masih menduduki rangking 114 negara terbersih versi transparency International dari 177 negara di Dunia. (sumber. Kompas.com). perbuatan melawan hukum seperti pencurian, pembunuhan, tindakan asusila juga meningkat.

Tiga hal di atas, tantangan terberat bangsa dalam hal pendidikan, kiranya jika kita sebagai guru langkah pertama dalam menjawab tantangan ini adalah terus menerus memberi uswah atau teladan yang baik kepada siswa kita, karena pelajaran yang paling baik adalah bukan ceramah atau banyak nasihat tapi tindakan nyata yang mulia sekaligus menjadi contoh bagi anak didik kita, selain terus menerus kita improving knowlidge (meningkatkan kemampuan dalam mengajar). Bagaimana pendapat anda?

Sumber: Kompas Cetak tanggal 5 Desember 2013

Satu Balasan ke TIGA TANTANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

  1. Fahdisjro mengatakan:

    Sejatinya pendidikan tidak hanya berada diruang kelas. Keluarga mempunyai peran sangat penting utk mendidik & membentuk karakter peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: