SURABAYA, KOTA PRO KESENIAN REOG

Oleh Mudzakkir H.

Hari Minggu 25 Juli 2010, saya begitu bangga dengan Surabaya, setalah bangga menjadi PNS di Surabaya. hari ini kebanggaanku pada Surabaya bertambah, ketika saya lewat di jalan Pemuda , saya melihat orang-orang berkerumun di Balai Pemuda untuk menyaksikan kesenian Reog dan Jaranan di Balai pemuda Surabaya. akhirnya sayapun parkir dan nimburung juga.

Acara tersebut, ternyata dilaksanakan setiap Minggu jam 07.30 sampai 10.00 dilaksanakan atas kerjasama antara UPTD Balai Pemuda dan Dinas Pariwisata Kota Surabaya. dengan tujuan untuk melestarikan kesenian Reog yang sudah lama mengharumkan Jawa Timur, untuk memperkenalkan para generasi muda bangsa akan keaneka ragaman budaya bangsa, sehingga kelak mereka menghargai dan melestarikan budaya bangsanya.

Saya salut pada Kota Surabaya, meskipun kesenian Reog bukan berasal dari Kota Surabaya, namun dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Surabaya menfasilitasi para group Reog di Kota Surabaya yang berjumlah lebih dari 20 an, untuk tampil bergantian tiap minggu di balai pemuda.

Benar-benar takjub, saya baru menyaksikan Reog pertama kali secara lengkap kurang lebih 2 jam tepat di baris terdepan. wah sungguh kesenian ini patut dilestarikan, di dalamnya ada nilai-nilai luhur bangsa dan nenek moyang terdahulu diantaranya, keberanian, toleransi, saling menghormati dan lainnya.

Sayangnya, acara tersebut tidak didukung oleh promosi yang baik, padahal acara itu kalau dikemas dengan baik tentu akan mendatangkan banyak turis ke Surabaya, baik turis domistik atau turis mancanegara. coba ingat, kalau kita pernah pergi ke Bali, hampir paket wisata ke bali, baik domistik atau luar negeri, pasti semua turis akan mampir ke sanggar tari/ semcam teater tari, saya lupa tempatnya..untuk menyaksikan tarian kecak atau tari khas bali yang lain.

Tapi, bagaimana pun usaha dinas pariwisata harus kita hargai, saran saya kalau bisa Surabaya seperti Bali. dari segi manajemen penanganan kunjungan wisata. paket-paket kunjungan jelas arahnya. semoga bermanfaat. bagaimana pendapat anda?

Satu Balasan ke SURABAYA, KOTA PRO KESENIAN REOG

  1. paket wisata bali mengatakan:

    semoga kesenian yang banyak di indonesia ini bisa terus di lestarikan, dan tidak punah..
    jangan baru di claim ma negera lain baru ramee..
    Thanx infonya mas, kebetulan saya juga klo ke surabaya sering nonton kesenian reog..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: