MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (SERI I)

By. Mudzakkir Hafidh (redaksi ideguru)

SALAM SUKSES GURU INDONESIA, PERKENANKANLAH SAYA BERBAGI ILMU TENTANG MODEL PEMBELAJARAN PAKEM, MATERI INI SAYA PEROLEH DARI PELATIHAN DI BALAI DIKLAT DEPAG JATIM DAN JUGA DARI HASIL SHARING BERSAMA TEMAN GURU YANG JUGA TELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN SAMA DI SEBUAH LEMBAGA PELATIHAN PENDIDIKAN


Diantara model pembelajaran PAKEM antara lain :

1. Listening Team

2. Point Conterpoint

Bagaimana 2 model pembelajaran PAKEM ini dijalankan, selamat membaca

1. Listening Team

Langkah-langkah metode tim pendengar:

  1. Bagilah peserta didik menjadi 4 team dan berilah team-team ini dengan tugas-tugas sebagai berikut:

Team

Peran Tugas
A Penanya Merumuskan pertanyaan
B Pendukung Menjawab pertanyaan yang didasarkan pada poin-poin yang disepakati (membantu dan menjelaskannya, mengapa demikian
C Penentang Mengutarakan poin-poin yang tidak disetujui atau tidak bermanfaat dan menjelaskan mengapa demikian
D Penarik Kesimpulan Menyimpulkan hasil

b. Penyaji memaparkan laporan hasil penelitiannya, setelah selesai beri waktu kepada tiap    kelompok untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan perannya masing-masing.

2. Point-Counterpoint

Langkah-langkah metode pembelajaran point-counterpoint adalah:

  1. Pilihlah isu-isu yang mempunyai beberapa perspektif
  2. Bagilah siswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah perspektif yang telah ditentukan.
  3. Minta masing-masing kelompok menyiapkan argumen-argumen sesuai dengan pandangan kelompok yang diwakili. Dalam aktivitas ini, pisahlah tempat duduk masing-masing kelompok.
  4. Kumpulkan kembali semua siswa dengan catatan, siswa duduk berdekatan dengan teman-teman satu kelompok.
  5. Mulai debat dengan mempersilakan kelompok mana saja yang akan memulai.
  6. Setelah salah seorang siswa menyampakan satu argumen sesuai dengan pandangan kelompoknya, mintalah tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok lain perihal issu yang sama.
  7. Lanjutkan  proses ini sampai waktu yang memungkinkan.
  8. Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggarisbawahi atau mungkin mencari titik temu dari argumen-argumen yang muncul.

Selamat mencoba ya…

Redaksi ideguru

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT

  1. PENGERTIAN DAN CIRI PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, AFEKTIF, DAN MENYENANGKAN)
  2. CIRI-CIRI JAJANAN SEKOLAH YANG BERBAHAYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: