APA SEBABNYA ANAK EMOSINYA TINGGI

Kadangkala ada anak yang emosinya suka tinggi terutama pada mamanya, kalau di nasehati, huh. emosinya yang langsung naik. padahal kalau di sekolah anak tersebut terlihat alim dan pendiam pada temannya, bahkan ketika ada temannya yang jahil atau mengganggunya ia kadang menangis, paling tidak ia diam saja dan tidak berani membalas. seakan ia takut ketika temannya membalas dengan perilaku yang serupa, pendek kata, anak ini beraninya hanya di rumah namun di sekolah ia cengeng.

Tahu jawabannya? simak ya…

Jikalau kita punya anak seperti itu, artinya kita kurang punya wibawa di hadapan anak tersebut,  yang kedua anak tersebut biasanya kurang mandiri karena kita sebagai orang tua juga kurang melatih dengan serius sifat kemandirian pada anak. orang tua cenderung menuruti dan melayani kepentingan anak.

Solusinya. ayo kita latih agar kita lebih berwibawa di hadapan anak, adakalanya kita bersenda-gurau, adakalanya kita menjaga kedekatan (boleh dibilang jaim dikit he..he..) beritahu anak hak dan kewajiban orang tua, hak dan kewajiban anak. dan yang paling penting mari kita latih anak kita lebih mandiri, hindari layanan-layanan spesial pada hal-hal yang menurut kita hal itu bisa dikerjakan anak seusianya.

Demikian tulisan singkat ini, mari kita praktikkan bersama wahai ayah dan bunda, semoga anak kita lebih mandiri dan menghargai kita sebagai orang tua.

Oleh Mudzakkir Hafidh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: