Pengalaman Membuat Paspor di Imigrasi Waru

(tulisan ke-2. bridge program)

Tugas selanjutnya setelah terpilih mewakili sekolah dalam program Bridge adalah membuat paspor. di beri waktu 1 minggu setelah pengumuman, karena pengumumannya hari Jumat, tanggal 22 April 2011 jam 15.00 wib maka saya pergi ke Kantor Imigrasi untuk membuat paspor mulai tanggal 26 Mei 2011.

Waduh Kepagian..

Pagi itu Senin, saya berada di kantor imigrasi jam 06.15 WIB karena sebelumnya diingatkan teman untuk datang lebih pagi karena harus antri. walah…walah…belum ada siapa-siapa..ternyata kantor buka jam 08.00 WIb, namun saran saya anda datang jam 07.30 WIB cukuplah..karena saya lihat ketika jam 07.30 para pembuat paspor udah mulai ngantri…ambil nomer antrian.

Jam 08.00 WIB kita di panggil untuk pemeriksaan dokumen, yang harus siap dibawa adalah ASLI , selain itu foto kopynya adalah (1) foto kopy KTP , (2) foto kopy KSK, (3) Foto kopy Akta Nikah/ akte kelahiran yang tertulis nama ibu kandung  (4) Bagi PNS harus membawa surat mandat dari Pimpinan untuk membuat paspor (5) Map formuler beli dikoperasi 10 ribu (6) Formulir Gratis minta di penjagaan/CS. saran saya foto kopynya di koperasi kantor imigrasi saja dari pada salah.

Langkah selanjutnya. ketika dipanggil, dukumen kita diperiksa kalau sudah benar kita menerima surat tanda penerimaan berkas yang selanjutnya harus dibawa besoknya untuk wawancara dan foto…udah pulang deh….

Selasa (hari kedua) kita antri lagi, lihat di TV layar di dinding no urut kita di berkas yang sudah diberikan petugas kemarin(senin), sebelum wawancara kita diminta untuk membayar biaya paspor 48 hala untuk masa 5 tahun sebesar Rp. 250.000 ( he…he..jangan pakai jasa calo ya…mang di kantor Imigrasi Waru gak ada yang nawari..kecuali memang anda Repot dan sengaja minta uruskan seseorang itu lain lagi) setelah itu wawancara, kita ditanya tentang data kita sudah betul apa tidak, tujuan kepergian ke luar negeri, dll. Selanjutnya kita menunggu selama 3 hari kerja baru paspor jadi…waduh…berarti…rabu..kamis..jumat baru jadi jam 14.00 WIB.

Saya sempat diskusi dengan petugas, ” Pak kenapa cetak paspor saja butuh 3 hari atau total dari pengurusan awal mulai Senin butuh 5 hari?. Petugas itupun menjawab: ” prosedurnya seperti itu pak, pembuatan paspor ada di Jakarta”, dalam hati kecil saya kenapa gak bisa dipercepat ya…kan sekarang udah canggih..piranti informatika..internet dll. kian cepat…saya hanya berdoa: ” Semoga kepengurusan perijinan apapun termasuk paspor dll di Indonesia kian cepat, sehingga bangsa ini dapat bersaing  dengan bangsa lain di dunia, amin”

Hari Jumat, tanggal 29 Juni 2011 jam 14.00 WIB tepat paspor sudah jadi,  cuma habis Rp. 260.000. wah ketepatan waktu kantor imigrasi Waru layak dapat acungan jempol….selanjutnya paspor di fotokopy, berikan petugas  dan yang asli silahkan bawa….selanjutnya go to Australia….

Satu Balasan ke Pengalaman Membuat Paspor di Imigrasi Waru

  1. kok cepat sekali proses pembuatannya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: