BERAGAM WATAK SEORANG PEMIMPIN

By. Mudzakkir Hafidh

(artikel seri I)

He…he….ini hanya pendapat pribadi lho….kalau cocok boleh dijadikan referensi, kalau salah…ya…hitung-hitung sumbangsih saya pada diri sendiri saja. semoga kita semua menjadi pemimpin yang baik. kan setiap manusia adalah pemimpin…betulkan …langsung aja…watal seorang pemimpin ada 4 menurut saya :

Pemimpin Berwatak Makelar

Pemimpin yang fikirannya fulus terus, tidak menghiraukan kesyejahteraan karyawan atau orang lain, pokoknya gak mau berkorban, segala sesuatu yang ia kerjakan harus memberi profit bagi dirinya, meskipun dengan segala cara.

Pemimpin Berwatak Bunglon

Pemimpin yang di depan karyawannya memuji-memuji, dibelakangnya membenci. tidak mau terus terang, kebijakannya berubah-rubah, pendek kata pagi dele sore tempe.

Pemimpin Berwatak Hantu

Pemimpin yang sukanya menakut-nakuti karyawan atau bawahannya, dia tidak percaya diri dan tidak berwibawa kecuali hanya menakut-nakuti orang lain agar bekerja, sesekali mengancam.

Pemimpin Berwatak Mandor

Pemimpin yang sukanya memerintah, namun ia sendiri tidak membantu atau memotivasi orang lain, pendek kata, ia berkeinginan orang lain mengerjakan apa yang ia mau, sedangkan dirinya santai dan hanya mengawasi saja.

Pemimpin Berwatak Boneka

Pemimpin yang dikendalikan orang lain yang mempunyai kekuasaan baik uang atau orang lain yang jabatannya lebih tinggi dari dia, ia mesti berkata, “mohon maaf saya hanya menjalankan tugas, pkoknya kamu harus seperti ini, kalau tidak nanti saya dihukum atau ditegur”. Ia tidak punya kebijakan sendiri, ia hanya boneka, menurut saja digerakkan.

Pemimpin berwatak Orang tua

Pemimpin yang senang membimbing bawahannya, tidak senang cari kesalahan, semua dipandang sama, memberi penghargaan dengan tulus, menjadi tauladan bagi yang dipimpinnya. melindungi dan meberi kasih sayang yang tulus, menegur dengan cara menasehati, dan senang memaafkan.

Inilah beragam watak pemimpin menurut saya, anda termasuk yang mana ya, semoga semua berwatak sebagai orang tua. yang menganggap karyawan atau bawahannya seperti anaknya sendiri, ia doakan dalam setiap do’anya, ia bimbing jika salah, ia nasehati jika keliru, ia ajak diskusi dengan hangat. Semoga kita jadi seperti itu. amin

Surabaya, 21 Januari 2011

5 Balasan ke BERAGAM WATAK SEORANG PEMIMPIN

  1. M Mursyid PW mengatakan:

    Pak Mudzakkir sendiri berwatak yang mana, ya?

    • ideguru mengatakan:

      He..he..he pinginnya sih berwatak menjadi orang tua pak mursyid.dan saya berusaha untuk itu…meski saya sendiri tidak dapat menilai diri sendiri 100 % pak.mohon doanya ya…

  2. jendelailmoe mengatakan:

    Trim’s pak Mudzakkir mohon ijin copas.. artikelx

  3. sanggar bunga padi mengatakan:

    dirindukan watak pemimpin yang seperti Khalifah Umar bin Khattab…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: