TENTANG BRIDGE PROGRAM

(tulisan ke 3, bridge program)

BRIDGE singkatan dari building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement atau dalam terjemahan kasar “Membina Hubungan melalui Dialog Antarbudaya dan Peningkatan Keterlibatan” keterlibatan dalam hal apapun pendidikan, sosial, budaya dan lainnya.

LATAR BELAKANG

Indonesia dan Australia adalah 2 negara yang bertetangga, namun sayangnya selama ini hubungan kedua negara ini tak selalu berjalan mulus. Berbagai peristiwa dan kejadian memang sempat membuat hubungan kedua negara itu memburuk. Prasangka yang salah pun semakin memperburuk kondisi yang ada.

Namun, ternyata semenjak 3 tahun yang lalu telah ada “jembatan” yang menghubungkan kedua negara itu. Bukan jembatan dalam arti fisik, namun jembatan itu berupa “program kemitraan” yang dijalin oleh Australia dengan Indonesia. Program kemitraan itu bernama BRIDGE atau Building Relationship and Growing Engament Australia – Indonesia. dan saya masuk dalam periode bridge ke 5.
 Gambar diculik dari sini

Program BRIDGE ini mendapat kucuran dana dari Yayasan Myer dan AusAid. Dalam program BRIDGE inilah jembatan persahabatan antara Indonesia dan Australia terjalin melalui dunia pendidikan. Banyak hal yang telah dilakukan program itu antara lain membangun sekolah di Indonesia. Selain itu BRIDGE juga memberikan kesempata kepada guru-guru dari berbagai sekolah di Indonesia untuk melakukan studi banding di sekolah-sekolah yang ada di Australia.

Guru-guru yang dikirim ke Australia itu selain mendapat kesempatan untuk mengajar di sekolah-sekolah setempat, juga mendapat kesempatan luas belajar karena mereka tinggal di rumah-rumah guru Australia. Walau mereka hanya tinggal di Australia selama 3 minggu (21 hari) namun ternyata banyak sekali pengalaman berharga yang dapat dipetik. Rata-rata mereka terkesan dengan minat dari warga Australia dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia, karena sebagian besar sekolah di Australia ternyata juga mempunyai pelajaran Bahasa Indonesia.

JEMBATAN 2 NEGARA

Nah…dengan Program Bridge..kita berharap hubungan masyarakat Indonesia dan Australia semakin harmonis…tidak ada saling prasangka…selama ini msayarakat Australia memandang bahwa masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim berada di bawah garis kemiskinan, yang suka membenci warga lain, yang hidup elitis dan radikal dan lainnya. anggapan ini sedikit demi sedikit akan hilang bahwa masyarakat muslim di Indonesia tidak seperti itu, masyarakat Indonesia yang seperti itu hanya 0,01 % dan itupun patut dipertanyakan pemahaman keislamannya.

Semoga dengan adanya bridge program bisa menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dan Australia sebagai negara tetangga untuk hidup saling tolong menolong, hidup damai, tentram dan aman dengan saling menghormati dan menghargai budaya dan ciri khas masing-masing. Waaah..kapan nih ada Bridge Program antara Indonesia dan Malasyia….saya daftar duluan ya….he…he…

Salam sukses

Mudzakkir

4 Balasan ke TENTANG BRIDGE PROGRAM

  1. panjiirfan mengatakan:

    Hebat mas, saya menunggu postingan cara-cara mengikuti program Bridge klo berkenan, he.. Selamat, selamat, selamat!

  2. soegianto mengatakan:

    Cukup banyak tulisan para guru yang sudah masuk dalam web guru-indonesia.net ( bisa dilihat dalam link berikut http://guru-indonesia.net/direktori_guru3.html ).
    Dipersilahkan para guru yang belum register untuk bergabung, dan yang sdh teregister bisa menambah karyanya. Karena untuk karya yang banyak dan berbobot akan ada hadiah menarik dari irektorat System Informasi Unair.

    Terimaksih

    • ideguru mengatakan:

      Siap pak sugianto,..saya sipa dukung usaha-usaha mencerdaskan guru di Indonesia, meski dikatakan lambat…tapi tidak mengapa…MEMANG HARUS ADA KESINAMBUNGAN ANTARA UNIVERSITAS DENGAN SEKOLAH, selama ini sekolah hanya berjuang sendiri bersama pemerintah. sudah saatnya Universitas negeri atau swasta bergerak dengan CSR terjun ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia…..GO INDONESIA TOBE THE WINNER IN THE WORLD…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: