BELANJA OLEH-OLEH MURAH DI CHINATOWN SINGAPURA

DSCF1194

Oleh Mudzakkir Hafidh

(Tulisan 2 pengalaman di Singapura)

Chinatown adalah kawasan historis yang terbesar di Singapura, berlokasi di dekat pusat bisnis yang ramai. Ketika Raffles mengumumkan Singapura sebagai pusat perdagangan di tahun 1819, banyak orang Tionghoa datang ke Singapura, dan pada akhir tahun 1860-an, komunitas orang Tionghoa di sini telah berkembang mencapai 65% populasi Singapura.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Chinatown adalah saat Tahun Baru Imlek, saat Chinatown Food Market sibuk dengan aktivitas, mulai dari tarian barongsai hingga pertunjukan opera Tionghoa. Festival yang sangat dinanti-nantikan ini akan semakin menyemarakkan pasar tersebut, dan saat inilah Anda dapat menemukan deretan kios-kios yang bermandikan cahaya menjajakan lampion kertas, kaligrafi tulisan Mandarin, topeng opera, fashion kontemporer, dan makanan istimewa untuk festival. Seringkali, kios-kios ini mulai meluber sampai ke Pagoda, Smith, Trengganu, dan Sago Streets menjelang siang.

Banyak pusat perbelanjaan juga dapat ditemukan di Chinatown. Beberapa pusat perbelanjaan yang lebih besar patut dikunjungi termasuk Chinatown Point, People’s Park Complex, dan Chinatown Complex, yang dibangun pada tahun 1972 dan menggantikan rumah-rumah duka yang dulu memenuhi Sago Lane. Mal-mal ini tidak hanya menjual berbagai barang pilihan produk RRC tetapi juga menjual barang-barang elektronik yang terjangkau, kain tekstil, serta kosmetik, dan pakaian dengan harga diskon.

Area Chinatown cukup luas, dipenuhi oleh toko-toko souvenir di kiri-kanan jalan. Di jalan utama Chinatown ketika kita keluar dari Exit A MRT Station Chinatown, mobil/kendaraan tidak diperkenankan lewat, sehingga kita bebas berjalan di tengah jalan, menyebrang dari sisi toko yang kiri ke kanan dan sebaliknya tanpa gangguan. Tetapi di beberapa ruas jalan lain seperti di Temple Street dan Trengganu Street, mobil boleh masuk (meski tidak sampai macet) sehingga anda perlu berhati-hati jika ingin menyebrang.

TIPS BERBELANJA DI CHINA TOWN SINGAPURA

Jika tertarik pada suatu barang, langsung datangi toko tersebut. Area Chinatown cukup luas sehingga anda mungkin akan malas untuk kembali ke toko tersebut. Harga barang umumnya masih bisa ditawar. Meski sudah tertulis ” 3 for $10″, anda masih bisa mencoba menawar menjadi “4 for $ 10″.

Luangkan waktu sedikitnya 2 jam untuk berbelanja di Chinatown karena areanya cukup luas. Anda bisa duduk untuk makan-minum jika lelah berbelanja lalu lanjut lagi berjalan.

Area Chinatown adalah open market….jadi bersiap-siaplah menghadapi panas dan lembab jika kebetulan cuaca sedang sangat cerah/panas. Sebaliknya, jika hari hujan, anda juga akan terganggu untuk berjalan-jalan di sana. Jadi sebaiknya bawalah payung kecil yang bisa dipakai untuk melindungi anda dari panas terik maupun hujan.

Yang dijual di Chinatown umumnya adalah barang-barang souvenir bukan makanan. Jika anda mencari oleh-oleh makanan (coklat, permen, dll), sebaiknya anda pergi ke Bugis Market atau Lucky Plaza.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: