PANITIA PEMBUAT SOAL UN HARUS DIHUKUM

Selamat malam pembaca ideguru

Malam ini, saya ingin sedikit menyoroti politisasi dalam dunia pendidikan yaitu masuknya nama calon presiden berinisial JKW dalam soal UNAS SMA/SMK  2014 yang ramai diperbincangkan beberapa hari di berbagai media baik televisi atau cetak. bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional mengadakan investigasi untuk mengusut masalah tersebut, apakah ada politisasi yang disengaja dipaksakan atau memang ada ketidaksengajaan pemunculan nama JKW dalam soal UNAS SMA.

Dari hasil investigasi yang dibacakan oleh wamendikbud disampaikan bahwa tidak ada unsur kesengajaan apalagi politisasi dalam dunia pendidikan oleh tim pembuat soal karena soal dibuat sebelum adanya pencapresan serta direkomendasikan selanjutnya menggunakan nama tokoh yang sudah meninggal. (detik.com, Rabu 16/4)

Selanjutnya Mendikbud M. Nuh menjamin tidak ada nama JKW dalam soal ujian UNAS SMP (baca disini), namun kenyataannya ada nama JKW lagi di soal Bahasa Indonesia <<<baca disini>>>>   meski beberapa kota menyikapi dengan menghilangkan soal no 13 yang ada materi nama calon presiden tersebut. sehingga dalam soal siswa setelah soal no 12 langsung no 14.

Meski tidak ada unsur kesengajaan dan politisasi dalam dunia pendidikan, saya pribadi sangat menyayangkan munculnya sosok yang belum jelas jiwa kepahlawanannya atau jiwa patriotisme dalam membela negara yang diakui oleh semua masyarakat Indonesia dalam soal-soal UNAS, apa memang tidak ada tokoh bangsa lain yang bersih atau yang bisa dijadikan teladan, ambil contoh  Bung Hatta, H. Umar Salim, M. Nastir dan masih banyak lagi tokoh pahlawan bangsa.

Saya pikir para pembuat soal UNAS tersebut sudah taqlid buta  atau percaya membabi buta pada seseorang, sehingga ceroboh dan mamaksakan ide dan pendapat dalam soal UNAS. dapat saya katakan, para penulis soal , lebih mementingkan kepentingan pribadi  dari pada kepentingan publik.  hemat saya orang-orang seperti ini  diberi hukuman dan bahkan dipecat dari keanggotaan tim pembuat soal ujian nasional, termasuk juga para penelaah soal dan para ketua lembaga yang bertanggung jawab dalam pembuatan soal UNAS tersebut. Bagaimana menurut pendapat anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: