DIKNAS, PREDIKAT INSTANSI TERBAIK 2009

by. Ideguru.wordpress.com

KESRA– 23 MARET: Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan DPR-RI serta Lembaga Sandi Negara dinilai sebagai instansi dengan akuntabilitas terburuk tahun 2009. Kemdiknas menjadi salah satu dari tujuh instansi yang mendapat predikat terbaik. Kemenko Kesra? Predikatnya agak kurang.

Hasil ini terangkum dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2009 yang diumumkan di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2010).

Dari 72 instansi pemerintah pusat, tujuh instansi mendapat predikat ‘Baik’. Mereka adalah Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (KemESDM), Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kembudpar), Kementerian Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

29 instansi mendapat predikat ‘Cukup Baik’. Di antaranya adalah Sekretariat Negara (Setneg), Sekertaris Kabinet (Seskab), Kementerian Perdagangan, hingga Mahkamah Konstitusi (MK).

33 instansi mendapat ‘Agak Kurang’. Mulai dari Kemeterian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), Kementerian Perhubungan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Kejaksaan Agung, Sekretariat Jenderal (Setjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepolisian RI hingga Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Tiga instansi mendapat predikat ‘Kurang’. Setjen DPR, Setjen DPD dan Lembaga Sandi Negara dinilai sebagai lembaga yang paling kurang kinerjanya. Ketiga lembaga tersebut dinilai masih perlu banyak perbaikan dan perubahan yang sangat mendasar.

Sayangnya, tidak ada satupun instansi pemerintah yang mendapat nilai AA (sangat memuaskan) atau A (sangat baik).

“Nilai-nilai tersebut merupakan cermin tingkat akuntabilitas berdasarkan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau AKIP,” ujar Deputi Akuntabilitas Aparatur, Herri Yana Sutisna.

Ada lima komponen yang menjadi bobot ukuan penilaian. Mulai dari perencanaan kinerja, pengukuran, pelaporan, evaluasi, dan capaian kinerja.

Selain berdasarkan evaluasi, penilaian juga dilihat dari kinerja di lapangan. Evaluasi ini dilakukan sepenuhnya oleh Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi dibantu BPKP.

KemPAN-RB Cukup Baik

Sementara itu MenPAN dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan menyentil kinerja lembaganya sendiri. Kementerian di bawah kepemimpinannya ini mendapat nilai CC atau Cukup Baik.

Hasil ini terekam dalam Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Pusat Tahun 2009. Pengumuman ini diadakan di kantor Mangindaan, Jl Jend Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2010).

“Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi, juga harus melakukan pembenahan dan perbaikan dalam pelaksanaan implementasi sistem AKIP-nya. Kita menilai kementerian yang lain tapi kita sendiri belum beres,” terang Mangindaan dalam sambutannya.

Arti dari nilai CC adalah cukup baik. Dengan kata lain, di dalam kementerian ini masih banyak perbaikan yang diperlukan mesti tidak mendasar.

Meski begitu, Mangindaan berharap kementeriannya tidak rendah diri. Penilaian ini, lanjut Mangindaan, justru jadi pelecut pengembangan diri.

“Hasil evaluasi ini bukanlah merupakan vonis yang perlu ditakuti,” tegas Mangindaan.

Sistem AKIP atau dikenal dengan sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dimaksud untuk merubah mindset pemerintah. Dari yang hanya berorientasi anggaran berubah menjadi orientasi hasil.

“Instansi pemerintah tidak lagi berpikir hanya sekedar menghabiskan anggaran dan melaporkan realisasi penggunaan anggaran setiap akhir periode,” tandasnya. (dh)

Berita lebih lanjut disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: