Pergi Haji dengan Dengan Menyuap Petugas

Oleh.Mudzakkir Hafidh

berfikirHari kamis, 28 Maret 2014, saya mengikuti Sosialisasi Program Perubahan Pendaftaran Haji dan Umroh di KEMENAG kota Surabaya, Kabid Haji KEMENAG Jawa Timur menjelaskan tentang beberapa kemajuan dan peningkatan kualitas pelaksanaan haji oleh pemerintah, beliau juga menyampaikan agar berhati-hati kepada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menawarkan program haji murah oleh beberapa travel yang tidak terdaftar, karena dari situlah beberapa penipuan haji terjadi.

Pembicara yang kedua, Drs. Abdul Haris.M.Ag. menyampaikan beberapa perundang-undangan tentang haji terbaru, beliau juga menyampaikan adanya wacana penghapusan Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI) yang bukan tenaga medis, karena disinyalir adanya penyelewengan TPHI oleh keluarga para pejabat kota atau kabupaten. atau bahkan dijual kepada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Beliau juga menyampaikan bahwa beberapa alasan seseorang bisa pergi haji terlebih dahulu meskipun pendaftarannya baru terjadi, misalnya calon jamaah haji manula, seorang ayah atau muhrim bisa berangkat lebih dahulu jika istrinya atau ibunya atau anaknya yang terlebih dahulu daftar akan diberangkatkan dengan maksud untuk menjadi muhrim atau pendamping.

Setelah pulang dari acara itu, saya baru sadar betapa banyak orang yang berangkat haji terlebih dahulu padahal ia baru daftar, padahal masyarakat yang lain harus nunggu antrian 5-10 tahun bahkan lebih, mengapa ini terjadi ?

  • Jawaban ke 1, ia adalah keluarga pejabat dengan mengambil jatah TPHI, kalau disana ia hanya pendamping suami atau bapaknya yang pejabat dan tidak bertindak sebagaimana TPHI, ini namanya haji nunut. menurut saya HARAM HUKUMNYA KARENA IA DHOLIM.
  • Jawaban ke 2, ia menyuap petugas haji atau pejabat kemenag setempat dengan mengambil porsi haji yang kosong karena adanya jamaah haji yang gagal bayar atau meninggal dunia atau mengundurkan diri karena sebab lain, meski ini disampaikan oleh Pak Haris seperti ini sangat sulit karena adanya pantauan secara online dari petugas siskohat, wallohu a’lam, kenyataannya masih bisa lolos pantauan itu, jika ia berhaji dengan menyuap agar bisa berangkat lebih dahulu, menurut saya ini SANGAT HARAM. dengan alasan karena adanya penyuapan, selain itu ia dholim kepada kamu muslim lain yang telah daftar lebih dulu.
  • Jawaban yang ke-3, karena ia seorang TPHI yang amanah, seorang calon haji yang karena ia tergolong manula, seorang laki-laki (muhrim) yang diputuskan oleh siskohat karena ia mendampingi orang tuanya yang sudah sepuh, atau istri atau anaknya yang masih kecil.dimana si laki-laki tadi berangkat haji karena ditetapkan oleh petugas haji tanpa menyuap sidikitpun.menurut saya yang ketiga ini halal berangkat  hajinya.

Saya berlindung kepada Allah dan anak keturunan saya agar terhindar dari masalah-masalah seperti ini, karena bagi saya haji adalah karuniah Allah yang hanya diberikan kepada orang yang mampu dan mendapatkannya dengan wajar. kalau ingin haji menurut saya, ikhtiar,berdoa, dan tawakkal serta sabar atas antrian sesuai dengan waktu daftar kita. wallohu a’lam. bagaimana menurut pendapat anda?

2 Balasan ke Pergi Haji dengan Dengan Menyuap Petugas

  1. bangdullg mengatakan:

    Maaf, kalau boleh mengkoreksi TPHI itu adalah singkatan dari Tim Pemandu Haji Indonesia… Ia adalah satu dari Petugas Haji yang menyertai Jamaah atau petugas Kloter selain TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) dan TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia). Kalau mau naik haji cepat lewat jalur TPHI mana bisa? karena untuk jadi TPHI itu lewat seleksi Tes Tulis yang ketat dan terbuka…. Mungkin yg dimaksud adalah TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) yang keberadaanya memang masih ada dalam aturan tapi realitanya tidak berfungsi…. demikian sekedar koreksi…

    • Admin mengatakan:

      terima kasih koreksinya pak. namun praktik menyuap orang dalam tahun ini terulang lagi di Surabaya. mari kita berantas seakar-akarnya praktek curang seperti ini, harusnya berangkat tahun ini malah tergeser orang lain. sungguh biadap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: