Usia Ayah Diduga Penyebab Autisme Anak

Ada pembaca yang bertanya tentang sebab-sebab anak Autis, barangkali tulisan yang saya ambil dari tempo ini bermanfaat….

——————————————————————

TEMPO.CO, Jakarta – Autisme pada anak merupakan misteri dalam dunia kedokteran. Belum ada peneliti maupun dokter yang mengetahui penyebab anak mengidap autisme.

Tapi, baru-baru ini, jurnal medis Nature merilis sebuah penelitian yang menunjukkan pengaruh usia ayah terhadap peningkatan risiko autisme anak. Semakin tua usia si ayah, anak yang terlahir cenderung bakal berkembang dalam kondisi autisme.

Dr Dolores Maldespina, psikiater New York University, mengatakan, pada pria berumur, mutasi gen lebih sering terjadi ketimbang lelaki usia muda. “Penuaan umur ayah ini meningkatkan risiko autisme,” kata Maldespina di CBS News, Rabu, 22 Agustus 2012.

Sebelumnya, pendapat awam menyatakan penyebab autisme anak adalah ibu mereka. Semakin tua umur si ibu, makin tinggi pula kemungkinan sang anak mengidap autisme. Nyatanya, penelitian memperlihatkan hal sebaliknya.

Seorang perempuan, kata penelitian itu, mengalami pemutasian genetika stabil. Berapa pun usianya, rata-rata jumlah mutasi sekitar 15. Berbeda dengan lelaki. Semakin tua usia pria, mutasi gen yang terjadi pun meningkat. Tiap tahun, dua gen termutasi. Dan ketika umur lelaki itu lebih dari 40 tahun, gen yang termutasi berada di atas 65.

Sejak 1980, kata Meldespina, jumlah lelaki yang menjadi ayah ketika berumur 40 tahun semakin meningkat. Hampir 30 persen. Dan angka itu diikuti dengan jumlah anak yang mengidap autisme. Dalam enam tahun terakhir, angka autisme meningkat dari 1 di tiap 162 kelahiran menjadi 1 dari 88 kelahiran.

“Penelitian ini menjelaskan bahwa 15-30 persen kasus autisme disebabkan usia si ayah,” ujar Meldespina. Di samping itu, penemuan menunjukkan autisme bisa muncul tanpa perlu ada sejarah pada anggota keluarga sebelumnya. Karena penyebabnya ada pada sperma lelaki berusia lanjut.

Meski hasil penelitian sudah diterbitkan, peneliti Universitas Yale, dr Stephan Sanders, menyatakan terlalu cepat menyimpulkan usia ayah yang jadi faktor utama autisme. Kata dia, “Mungkin memang usia lelaki mempengaruhi kecenderungan autisme pada anak, tapi efek itu kecil, bukan yang utama.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: