MENGENAL SEKOLAH DASAR DI JEPANG

Pada dasarnya keharusan sekolah di Jepang ini dimulai dari Sekolah Dasar (Shougaku), sedangkan Taman Kanak-kanak (Youchien) sebagai sekolah bermain atau bersosialisasi? yang mana juga dimanfaatkan oleh orang Jepang sebagai penitipan anak selagi mereka bekerja. Umur anak pada saat masuk Sekolah Dasar adalah 6 Tahun yang terhitung sampai dengan 1 April di tahun tersebut.

Hal ini bisa dicontohkan sebagai berikut: Si A lahir pada tanggal 17 Februari 2000, Si B lahir pada tanggal 5 April 2000. Pada saat masuk SD 2006, baik si A maupun si B sama-sama berumur 6 tahun. Si A diijinkan untuk mengikuti di kelas 1, sedangkan si B tidak bisa masuk SD melainkan di TK – 2. Si B dianggap belum mencapai 6 tahun pada saat sekolah itu mulai. Jadi mengenai batasan umur ini menjadi penting mengingat ada perbedaan antara Negara Indonesia dan Jepang, sehingga ada kemungkinan besar terjadi penurunan kelas pada saat kepindahan sekolah anak dari Indonesia ke Jepang. Di sini diminta tiap orang tua untuk mempertimbangkan sejak awal, supaya bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Sekolah Dasar (Syougakkou)

  1. Mendaftar di City Hall untuk mengeluarkan surat rekomendasi di sekolah maupun kelasnya
    Tas sekolah SDTas sekolah yang dipakai oleh murid murid SD berwarna merah untuk murid perempuan & warna hitam untuk murid laki-laki. Terbuat dari bahan kulit yang kuat dan harganya cukup mahal.

  2. Datang ke sekolah yang dituju untuk mendaftar dan mengetahui jadwal sekolahnya membawa Surat pengantar yang dari City Hall dan kartu biru untuk mengecheck tanggal lahir anak.
  3. Mengisi formulir (Nama anak, Tanggal lahir, Alamat, Nama orang tua)
  4. Membeli peralatan sekolah, spt: sepatu olah raga dan sepatu didalam kelas (inner shoes), seragam olah raga, topi (biaya untuk pembelian 6000, dan dapat dibeli di toko depan sekolahan Obayashi Shougaku) sedangkan untuk Tas, celana renang dan Topi renang, dll, sesuai list yang dikeluarkan sekolah (Beli sendiri di Simamura atau Meglia tergantung dari merek dan harganya). Tas warna hitam biasanya untuk anak laki-laki dan merah untuk anak perempuan.
  5. Mengenai kelas akan ditentukan berdasarkan usia anak per bulan April, serta lamanya ICT di Jepang misalnya 1 tahun atau 2 tahun lamanya.
  6. Jam sekolah mulai jam 07.15 berkumpul di koen (taman) sampai dengan jam 15.00 (tidak diantar dan dijemput oleh orang tua)
  7. Pelajaran yang diajarkan disekolah adalah Matematika, Bahasa Jepang, Olah Raga, Kesenian, Berenang dll.

Seragam olahraga untuk murid SD (topi cerah, biasanya kuning/merah dan seragam kaos putih)

Orang Indonesia biasa menyekolahkan anaknya di Ohbayashi Shogakkou (kalau yang berdomisili di Toyota shi), karena di tempat tersebut juga ada guru yang membantu (orang Indonesia) mengajarkan bahasa Jepang 2 x seminggu . Anak berangkat sekolah dengan kumpul bersama anak-anak lain dan berangkat pada jam yang ditentukan bersama-sama dengan berjalan kaki dari pihak sekolah yang menentukan groupnya (misalnya Group A atau B). Di Jepang sangat melarang untuk orang tua mengantar anaknya ataupun berangkat dengan menggunakan sepeda. Untuk pulangpun demikian, akan bersama-sama dengan anak lain pulang kembali ke tempat tinggalnya masing-masing.

Seragam bebas harianTak seperti sekolah dasar di indonesia, SD di Jepang tidak menggunakan seragam harian. Seragam bebas digunakan sebagai seragam setiap harinya.

Tanggung Jawab dan Peran Serta Orang Tua Wali

  1. Menghadiri undangan melihat proses belajar di sekolah/Shougakou
  2. Menghadiri undangan latihan traffic jam (macet/jam sibuk), Angin topan dan gempa
  3. Menghadiri undangan olah raga bersama anak murid/main bola voli
  4. Jadwal menjaga rombongan anak sekolah 1 bulan sekali.
  5. Memeriksa surat dan PR dari sekolah setiap hari.

SUMBER:  SEKOLAHKU.INFO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: