MELBOURNE, KOTA YANG NYAMAN

(Tulisan ke-4, Study Banding ke Australia dengan BRIDGE Program)

DSC03253Seminggu di Melbourne, he..he…tidak terasa, karena pada saat itu bulan Juni hawanya cukup nyaman, agak dingin dan tidak terlalu panas,pada siang hari suhu berkisar antara 15-18″C namun pada malam hari he..he…lumayan dingin sekitar 5-10 “C. angin juga lumayan kencang.

Hal-Hal yang menarik di Melbourne :

  • UNIVERSITAS

Melbourne kota pelajar, banyak universitas terkenal di kota itu, para mahasiswa baik dari Asia tenggara, China dan Eropa datang untuk studi  di berbagai univ di Melbourne. ada Universitas Melbourne, RMIT, Monash University, Victorian Univercity dll. kebetulan saya sering lewat dan bahkan tempat training BRIDGE di lingkungan kampus Universitas Melbourne. wah…gak bisa bayangkan kampusnya bagus, asri, tumbuhan hijau dimana-mana, bangunannya antik. halamannya luas penuh rumput yang tertata rapi…banyak mahasiswa belajar di rerumputan dan dibawah pepohonan, mahasiswa berpakaian modis dari berbagai negara.he..he…kapan ya bisa kuliah disana..

  • MAKANAN DAN MINUMAN ALA INDONESIA

Kebetulan kamimenginap selama seminggu di salah satu apartemen di swanston street, sehingga pada malam hari bisa makan malam di restoran Bali Bagus 85 Franklin St Melbourne VIC 3000. lumayan buat obat kangen ada menu nasi goreng, soto ayam, sate.ikan bakar dll. dan ada label halal. menurut beberapa mahasiswa yang saya temui di restoran tersebut. sekarang tidak usah kawatir mencari makanan/minuman di restoran yang punya label halal karena sekarang banyak bermunculan. namun jika dirasa kemahalan bisa masak di rumah atau kost atau rumah sewa.

  • SHALAT

Di negara yang pemeluk agamanya beraneka ragam kayak di Australia, Shalat merupakan tuntutan pribadi kepada sang kholiq, kesadaran dan keimanan menjadi benteng pengingat, sebab tidak ada suara adzan atau iqomah, hanya waktu yang kita lihat dari website persatuan muslim di melbourne. masjid ada satu dua namun jauh dari hotel kami, pengalaman shalat Jumat, karena hari itu kami belajar di kantor Myer Foundation, lingkungan univ Melbourne. maka shalat jumat dilaksanakan di sebuah hall basket di UNIV tersebut.begitu juga di kampus-kampus yang lain,selain di masjid yang ada di Melbourne.

  • JALAN, TAMAN DAN KEBERSIHAN

Wus Jalanan rapi, lebar dan bersih, taman kota bersih, setiap pagi dan sore mobil pembersih jalan otomatis akan menyapu jalanan, he..he…gak ada petugas kebersihan manual kayak kita. begitu juga pengambil sampah rumah tangga, bukan pakai gerobak dorong tapi pakai mobeil pengambil sampah otomatis, belakangnya ada kaitnya, kebetulan tempat sampah di etiap rumah warga sama standarnya. sehingga memungkinkan mobil sampah mengangkat, membuang dan meletakkan kembali secara otomatis. hedewww…..kapan ya Surabaya kayak begitu…

Ada sungai besar yang membentang kota Melbourne yaitu Yalla River. wah sungainya bersih. ada paket wisata perahu sambil makan dan minum di atas kapal tersebut. kanan kiri sungai ada jalan untuk pejalan kaki, restoran dan bar di pinggir sungai, burung dara beterbangan dan hinggap di jalanan..waduh indahnya….

  • TRANSPORTASI

Para turis di Melbourne akan dimanjakan dengan berbagai transportasi kota yang bersih dan lumayan murah yaitu trem (kereta api listrik, cukup bayar 2 x anda akan dibawa kemana saja sudut kota melbourne selanjutnya dengan gratis) membayarnya juga otomatis, penumpang bisa beli pada mesin beli tiket di beberapa jalan atau statiun trem tersebut, begitu juga bis kota yang nyaman dan bersih siap membawa penumpang ke mana saja, pemunpang bisa lihat peta kota Melbourne untuk melihat alur jalan bis kota dan trem.

  • BELANJA OLEH-OLEH

Semua yang pernah berkunjung ke kota Melbourne hampir sepakat untuk membeli oleh-oleh yang murah meriah adalah Victoria Market tempatnya. memang barang yang dijual adalah product china,namun lumayan lha untuk oleh-oleh…ada macam-macam gantungan kunci, coklat, tas, kaos dll. sayang kalau udah di Melbourne tidak berkunjung di pasar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: