XL MENCARI PEMUDA BERPRESTASI

By.ideguru , 19 Mei 2010

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia memiliki banyak pemuda bertalenta tinggi, kreatif dan inovatif, serta berprestasi dan memberikan sumbangsih bagi negeri, namun sering luput dari perhatian. Karena itu, PT XL Axiata Tbk (XL) kembali mencari pemuda berprestasi pengabdi masyarakat melalui Indonesia Berprestasi Award (IBA), yang tahun ini memasuki tahun ke-4 ini.

pemuda berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya memberikan solusi dan manfaat bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat luas.
— Hasnul Suhaimi

“XL kembali mencari pemuda berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya telah memberikan solusi dan manfaat, serta dorongan positif bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat luas,” kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di acara peluncuran IBA 2010, Kamis (20/5/2010), di Jakarta.

Hasnul menjelaskan, IBA telah digelar tiga tahun dan selama itu IBA menemukan ribuan pemuda di seluruh wilayah Indonesia yang berprestasi dan bersedia mengabdikan dirinya bagi kepentingan masyarakat. Ke depan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu wahana untuk melahirkan orang-orang berprestasi, yang melahirkan karya-karya bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pada IBA 2007 terdapat sekitar 400 proposal yang masuk ke dewan juri. Jumlah tersebut kemudian meningkat menjadi 800 proposal pada 2008 dan selanjutnya pada 2009 mencapai sekitar 1.200 proposal. Tahun ini, peserta calon kandidat IBA diyakini akan melebihi peserta tahun lalu.

Adapun IBA antara lain telah diberikan kepada Frederik Sitaung, seorang guru di pelosok hutan Merauke, Papua, yang telah mengabdi selama 20 tahun. Ada juga Sudiyanto, warga Banyumas yang berhasil membuat mesin pompa air tenaga air bagi masyarakat petani pedesaan yang kekurangan pengairan.

Selian itu, IBA juga diraih Toto Sugito, inisiator gerakan Bike to Work, Gola Gong, pendiri tempat belajar dan berkarya Rumah Dunia bagi anak-anak di Banten, Susi Pudjiastuti, pengusaha sukses asal Pangandaran yang memberdayakan dan mengangkat perekonomian nelayan di berbagai pelosok Indonesia, serta Bambang Suwerda, pendiri Bank Sampah di Bantul, yang berhasil mengubah pandangan masyarakat dalam mengelola sampah.

Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Muhammad Budi Setiawan menyambut baik upaya XL memberikan penghargaan kepada pemuda berprestasi dan memberikan kontribusinya buat masyarakat Indonesia, dan mungkin juga dunia internasional.

Sementara itu, sosiolog Imam B Prasodjo, yang mewakili dewan juri mengatakan, bangsa Indonesia ini bisa tumbuh menjadi bangsa yang diperhitungkan kalau ada political will entrepreneur, seperti yang ditunjukkan pemimpin bangsa di era Soekarno-Hatta. “Juga adanya orang-orang yang ikhlas luar biasa untuk berbuat, yang memiliki semacam social service provider dan social activist,” kata Imam.

Pada penyelenggaraan IBA 2010, selain kategori perseorangan, juga ditambah kategori kelompok/komunitas. Adapun kategori berdasarkan bidang terdiri dari ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial kemasyarakatan dan kewirausahaan, serta seni dan budaya.

Untuk kategori perseorangan, pada setiap bidang akan dipilih satu orang yang akan menerima penghargaan (IBA). Sedangkan untuk kategori kelompok, hanya dipilih satu kelompok yang akan menerima penghargaan.

Menurut Ketua Panitia IBA, Febriati Nadira, XL memberikan apresiasi berupa uang tunas senilai total Rp 200 juta atau masing-masing sebesar Rp 50 juta. Selain itu, pemenang juga akan memeroleh trofi karya seniman Dolorosa, medali dan piagam penghargaan.

IBA 2010 terbuka bagi masyarakat umum. Secara umum, ketentuan bagi kandidat, baik perseorangan maupun kelompok, antara lain adalah memiliki karya nyata yang terbukti bermanfaat bagi masyarakat luas. Khusus kandidat perseorangan, usia diharapkan kurang dari 40 tahun.

Keterangan lebih lanjut tentang pengiriman usulan kandidat dan IBA 2010 bisa dilihat melalui http://www.xl.co.id/ibawards.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: