PENGERTIAN ANAK HIPERAKTIF

By

Mudzakkir Hafidh (redaksi ideguru)

PENDAHULUAN

Ditinjau secara psikologis, hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal yang disebabkan disfungsi neurologia dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian. Begitu pula anak hiperaktif adalah anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian.


Gangguan ini disebabkan kerusakan kecil pada system saraf pusat dan otak sehingga rentang konsentrasi penderita menjadi sangat pendek dan sulit dikendalikan. Penyebab lainnya dikarenakan temperamen bawaan, pengaruh lingkungan, malfungsi otak, serta epilepsi. Atau bisa juga karena gangguan di kepala seperti geger otak, trauma kepala karena persalinan sulit atau pernah terbentur, infeksi, keracunan, gizi buruk, dan alergi makanan.

Anak hiperaktiv adalah anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dengan hiperaktivitas (GPPH) atau attention deficit and hyperactivity disorder (ADHD). Kondisi ini juga disebut sebagai gangguan hiperkinetik. Dahulu kondisi ini sering disebut minimal brain dysfunction syndrome. Terhadap kondisi siswa yang demikian, biasanya para guru sangat susah mengatur dan mendidiknya. Di samping karena keadaan dirinya yang sangat sulit untuk tenang, juga karena anak hiperaktif sering mengganggu orang lain, suka memotong pembicaran guru atau teman, dan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu yang diajarkan guru kepadanya

DIVINISI ANAK HIPERAKTIF

Dr. Seto Mulyadi dalam bukunya “Mengatasi Problem Anak Sehari-hari“ mengatakan pengertian istilah anak hiperaktif adalah : Hiperaktif menunjukkan adanya suatu pola perilaku yang menetap pada seorang anak. Perilaku ini ditandai dengan sikap tidak mau diam, tidak bisa berkonsentrasi dan bertindak sekehendak hatinya atau impulsif.

Sani Budiantini Hermawan, Psi., “Ditinjau secara psikologis hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal, disebabkan disfungsi neurologis dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian.

Para ahli mempunyai perbedaan pendapat mengenai hal ini, akan tetapi mereka membagi ADHD ke dalam 3 jenis berikut ini:

1. Tipe anak yang tidak bisa memusatkan perhatian.
Mereka sangat mudah terganggu perhatiannya, tetapi tidak hiperaktif atau Impulsif. Mereka tidak menunjukkan gejala hiperaktif. Tipe ini kebanyakan ada pada anak perempuan. Mereka seringkali melamun dan dapat digambarkan seperti sedang berada “di awang-awang”.

2. Tipe anak yang hiperaktif dan impulsive.
Mereka menunjukkan gejala yang sangat hiperaktif dan impulsif, tetapi bisa memusatkan perhatian. Tipe ini seringkali ditemukan pada anak- anak kecil.

3. Tipe gabungan.
Mereka sangat mudah terganggu perhatiannya, hiperaktif dan impulsif. Kebanyakan anak anak termasuk tipe seperti ini. Jadi yang dimaksud dengan hiperaktif adalah suatu pola perilaku pada seseorang yang menunjukkan sikap tidak mau diam, tidak terkendali, tidak menaruh perhatian dan impulsif (bertindak sekehendak hatinya). Anak hiperaktif selalu bergerak dan tidak pernah merasakan asyiknya permainan atau mainan yang disukai oleh anak-anak lain seusia mereka, dikarenakan perhatian mereka suka beralih dari satu fokus ke fokus yang lain. Mereka seakan-akan tanpa henti mencari sesuatu yang menarik dan mengasikkan namun tidak kunjung datang.

Sumber :

  • Menerobos Dunia Anak, Dr. Mary Go Setiawani, Yayasan Kalam Hidup, Bandung, 2000
  • Zafiera, Ferdinand. 2007. Anak Hiperaktif. Jogjakarta: Katahati.
  • www. CyberNews Suara Merdeka.com
  • Irawati Ismail.R.Terapi Psikofarmakologi pada
  • http://www.balita-anda.com
About these ads

7 Balasan ke PENGERTIAN ANAK HIPERAKTIF

  1. Thomas mengatakan:

    Anak hiperaktif bisa jadi indikasi kalo anak tersebut cerdas….bener nggak?

  2. ideguru mengatakan:

    Salam pak tomas, kalau lihat ciri hiperaktif rata-rata mepunyai intelektualitas rendah, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa kasus anak hiperaktif justru pintar, tapi biasanya kasusnya bukan hiperaktif tapi anak aktif. lihat artikel di http://ideguru.wordpress.com/2010/04/08/ciri-ciri-anak-hiperaktif-atau-penderita-adhd/#more-569

  3. Ginsy mengatakan:

    Anak saya cenderung hiperaktif, sekarang sudah kelas 3 di salah satu sekolah umum terkenal di bekasi.Awalnya prestasi anak saya bagus, malah di kelas 1 masuk kelas unggulan, tapi semakin kesini sepertinya semakin menurun dan semakin banyak keluhan2 dari gurunya tentang anak saya dan saya juga semakin melihat anak saya semakin tidak nyaman di sekolah karena merasa sebagai trouble maker di kelasnya. Mohon informasi sekolah anak hiperaktif/sekolah umum yang sudah bisa menangani murid hiperaktif di daerah bekasi. terima kasih.

    • ideguru mengatakan:

      Mohon maaf pak ginsy, kebetulan saya di surabaya. jadi tidak dapat membantu, kalau menurut saya di kaji dulu pak, apa betul anak bapak hiperaktif. tolong dikaji secara mendalam, banyak guru yang beranggapan seperti itu, bisa saja anak bapak hanya kategori anak aktif. trims

  4. Purnomo mengatakan:

    anak saya sangat hiperakif tidak bisa diam skr sudah 4th saya binggung krn tidak ada sekolah an umum yg mau menerima anak saya bersekolah. mohon bantuan di beritahu kami alamat sekolah yg dapat menerima anak hiperaktif di surabaya dan sidoarjo. saya agama kristen. saya tinggal di waru sidoarjo.
    Terima kasih

    • ideguru mengatakan:

      terus semangat bapak…jangan menyerah…jangan mengatakan anak bapak hiperakatif..jika belum diadakan observasi yang valid oleh psikolog..kadang banyak orang langsung menvonis seorang anak hiperaktif, lambat belajar, nakal, dan lain-lain. padahal vonis itu belum tentu….saya punya teman di KGJW WARU. disitu ada TAman belajar anak, barangkali bisa dihubungi tepatnya di jalan raya waru sebelah barat jalan…sekali lagi terus semangat…beri bimbingan…jangan sering marahi, jangan sering menggunakan kata-kata larangan..gunakan kata-kata yang positif saja pak ya….dan yang paling penting adalah sabar dan berikan tambahan kasih sayang….selamat mencoba pak

  5. Titik Tri S. mengatakan:

    Anak saya sulit untuk dikendalikan, semaunya sendiri, tidak bisa diam, suka teriak, marah-marah, apalagi disekolah selalu bikin ulah, mohon saran bpk apa anak saya hiperaktif tlg informasi terapai untuk anak hiperaktif di sidoarjo, terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: